Program Kesehatan Keluarga

Menjaga kesehatan keluarga memang sangat penting dengan membuat program kesehatan keluarga sendiri. Terkadang jika salah satu anggota keluarga terserang penyakit, dapat dengan mudah menular pada anggota keluarga lainnya. Anda tentu tidak ingin seluruh anggota keluarga sakit, sehingga mengganggu aktivitas keseharian keluarga. Untuk itu anda bisa menerapkan ke keluarga anda dengan cara sebagai berikut.

Mencuci tangan

Hal sederhana namun memiliki dampak besar bagi kesehatan ialah dengan rajin mencuci tangan. Kuman berpotensi besar berpindah ke tubuh manusia melalui tangan karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan benda di luar tubuh. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, di permukaan tangan terdapat sekitar sejuta kuman yang menempel.

Kuman-kuman yang menempel di tangan tentu saja berpotensi mengancam kesehatan keluarga. Jerawat, flu, sakit mata merupakan beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh kuman yang menempel di tangan. Oleh karena itu, terapkan kebiasaan mencuci tangan pada keluarga Anda, lengkap dengan sabun tangan.

Tertawa dan gembira

Stres dapat mengundang penyakit. Oleh karena itu, jagalah kesehatan keluarga dengan selalu menghadirkan tawa dan kegembiraan. Tertawa dan bergembira tidak hanya mengontraksikan otot-otot wajah, tetapi juga mampu menghilangkan hormon stres. Hilangnya hormon stres, maka secara otomatis metabolisme dalam tubuh menjadi lebih lancar dan penyakit pun menjauh.

Makanan bergizi

Sediakan selalu makanan bergizi untuk keluarga dan jauhkan dari makanan instan yang mengandung zat pengawet. Membuat camilan berbahan dasar sayuran dan buah-buahan segar untuk meminimalisir anggota keluarga membeli jajanan di luar rumah. Terapkan pola makan sehat untuk keluarga.

Olahraga

Olahraga secara rutin tidak hanya meningkatkan metabolisme, tetapi juga menjaga kesehatan, kebugaran dan mengundang hormon bahagia dalam tubuh. Ajaklah anggota keluarga untuk berolahraga bersama, bisa dengan berjalan-jalan atau bersepeda di sekitar lingkungan rumah.

Tambahan multivitamin

Multivitamin dapat membantu proses metabolisme tubuh, menambah stamina, sebagai antioksidan dan manfaat lainnya lagi. Walaupun vitamin dapat diperoleh dalam makanan tetapi tubuh tetap membutuhkan multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang kurang.

Istirahat yang cukup

Selain diiringi dengan gaya hidup sehat, pastikan keluarga Anda mendapat istirahat yang cukup. Kesibukan dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Ketika beristirahat maka organ-organ tubuh pun ikut beristirahat. Berikan perhatian pada keluarga Anda, jangan sampai mereka kelelahan.

Cek kesehatan rutin

Pastikan anggota keluarga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pemeriksaan ini baik untuk mengetahui dan mencegah penyakit.

Dalam kategori: Informasi KesehatanKeluarga

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.