Tips untuk Mengatasi Masalah Keluarga

Masalah adalah hal yang umum terjadi pada siapa saja termasuk dalam lingkungan keluarga. Berikut adalah beberapa cara mengatasi masalah keluarga yang bisa dilakukan siapa saja:

  • Bicarakan masalah yang ada dengan jujur. Ini adalah hal paling mendasar yang harus dilakukan. Sering sekali masalah terjadi karena tidak adanya pengertian antar anggota keluarga. Ajak mereka untuk duduk bersama, ceritakan apa masalah yang terjadi dengan tenang. Jangan pernah melibatkan amarah dalam hal ini.
  • Jadilah seorang pendengar. Banyak orang yang selalu berkeluh kesah dengan keadaan mereka ataupun menyalahkan orang lain. Tapi cobalah untuk berhenti sejenak dan dengarkan apa yang orang lain hendak katakan. Tunjukkan sikap penuh perhatian saat anda sedang mendengarkan  pasangan anda atau anak anda saat mereka sedang berbicara. Mereka akan merasa dihargai dan akan balas mendengarkan bila anda yang sedang bercerita
  • Carilah solusi. Ini adalah hal paling penting dari seluruh proses. Setelah berbicara dan berdiskusi maka dapat ditemukan akar permasalahannya. Carilah solusi yang bisa menjawab permasalahan tersebut. Setelah solusi ditemukan, berkomitmenlah untuk melakukannya dengan sepenuh hati agar permasalahan serupa tidak muncul lagi di kemudian hari.

Pada awalnya hal ini tidak mudah dilakukan karena masing-masing pihak akan merasa bahwa dirinya adalah yang paling benar. Namun teruslah mencoba karena kebahagiaan keluarga adalah yang menjadi tujuan utama dari seluruh usaha ini.

Dalam kategori: KeluargaTips Keluarga

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.